SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Wednesday 28 March 2012

FUNGSI BAHASA INDONESIA
Fungsi bahasa dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu fungsi bahasa secara umum dan secara khusus.
Dalam literatur bahasa, dirumuskannya fungsi bahasa secara umum bagi setiap orang adalah
1. Sebagai alat untuk mengungkapkan perasaan atau mengekspresikan diri.
Mampu mengungkapkan gambaran,maksud ,gagasan, dan perasaan. Melalui bahasa kita dapat menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam hati dan pikiran kita. Ada 2 unsur yang mendorong kita untuk mengekspresikan diri, yaitu:
* Agar menarik perhatian orang lain terhadap diri kita.
* Keinginan untuk membebaskan diri kita dari semua tekanan emosi.
2. Sebagai alat komunikasi.
Bahasa merupakan saluran maksud seseorang, yang melahirkan perasaan dan memungkinkan masyarakat untuk bekerja sama. Komunikasi merupakan akibat yang lebih jauh dari ekspresi diri. Pada saat menggunakan bahasa sebagai komunikasi,berarti memiliki tujuan agar para pembaca atau pendengar menjadi sasaran utama perhatian seseorang. Bahasa yang dikatakan komunikatif karena bersifat umum. Selaku makhluk sosial yang memerlukan orang lain sebagai mitra berkomunikasi, manusia memakai dua cara berkomunikasi, yaitu verbal dan non verbal. Berkomunikasi secara verbal dilakukan menggunakan alat/media bahsa (lisan dan tulis), sedangkan berkomunikasi cesara non verbal dilakukan menggunakan media berupa aneka symbol, isyarat, kode, dan bunyi seperti tanda lalu lintas,sirene setelah itu diterjemahkan kedalam bahasa manusia.
3. Sebagai alat berintegrasi dan beradaptasi sosial.
Pada saat beradaptasi dilingkungan sosial, seseorang akan memilih bahasa yang digunakan tergantung situasi dan kondisi yang dihadapi. Seseorang akan menggunakan bahasa yang non standar pada saat berbicara dengan teman- teman dan menggunakan bahasa standar pada saat berbicara dengan orang tua atau yang dihormati. Dengan menguasai bahasa suatu bangsa memudahkan seseorang untuk berbaur dan menyesuaikan diri dengan bangsa.
4. Sebagai alat kontrol Sosial.
Yang mempengaruhi sikap, tingkah laku, serta tutur kata seseorang. Kontrol sosial dapat diterapkan pada diri sendiri dan masyarakat, contohnya buku- buku pelajaran, ceramah agama, orasi ilmiah, mengikuti diskusi serta iklan layanan masyarakat. Contoh lain yang menggambarkan fungsi bahasa sebagai alat kontrol sosial yang sangat mudah kita terapkan adalah sebagai alat peredam rasa marah. Menulis merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk meredakan rasa marah kita.
Fungsi bahasa secara khusus :
1. Mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari- hari.
Manusia adalah makhluk sosial yang tak terlepas dari hubungan komunikasi dengan makhluk sosialnya. Komunikasi yang berlangsung dapat menggunakan bahasa formal dan non formal.
2. Mewujudkan Seni (Sastra).
Bahasa yang dapat dipakai untuk mengungkapkan perasaan melalui media seni, seperti syair, puisi, prosa dll. Terkadang bahasa yang digunakan yang memiliki makna denotasi atau makna yang tersirat. Dalam hal ini, diperlukan pemahaman yang mendalam agar bisa mengetahui makna yang ingin disampaikan.
3. Mempelajari bahasa- bahasa kuno.
Dengan mempelajari bahasa kuno, akan dapat mengetahui peristiwa atau kejadian dimasa lampau. Untuk mengantisipasi kejadian yang mungkin atau dapat terjadi kembali dimasa yang akan datang, atau hanya sekedar memenuhi rasa keingintahuan tentang latar belakang dari suatu hal. Misalnya untuk mengetahui asal dari suatu budaya yang dapat ditelusuri melalui naskah kuno atau penemuan prasasti-prasasti.
4. Mengeksploitasi IPTEK.
Dengan jiwa dan sifat keingintahuan yang dimiliki manusia, serta akal dan pikiran yang sudah diberikan Tuhan kepada manusia, maka manusia akan selalu mengembangkan berbagai hal untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Pengetahuan yang dimiliki oleh manusia akan selalu didokumentasikan supaya manusia lainnya juga dapat mempergunakannya dan melestarikannya demi kebaikan manusia itu sendiri.
  • LATAR BELAKANG
Latar Belakang suatu makalah mencakup sebagian besar inti pokok dari isi makalah tersebut, atau kata lainnya menggambarkan apa yang menjadi pembahasan pada makalah tersebut

  • RUMUSAN MASALAH
Rumusan masalah yaitu berupa beberapa pertanyaan yang akan di bahas/jawab pada pembahasan yaitu pada BABA I. seperti contoh pada contoh makalah dibawah yaitu berupa pertanyaan.
  • TUJUAN
Tujuan pada suatu makalah juga terdapat di BAB I PENDAHULUAN. Tujuan ini sangat berkaitan dengan Rumusan masalah, yaitu menjawab pertanyaan yang ada pada rumusan masalah.
Tidak perlu berbicara panjang lebar, dibawah ini saya berikan contoh pendahuluan suatu makalah.
BAB I
A.    Latar Belakang
Guru adalah bagian dari kesadaran sejarah pendidikan di dunia. Citra guru berkembang dan berubah sesuai dengan perkembangan dan perubahan konsep dan persepsi manusia terhadap pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Profesi guru pada mulanya dikonsep sebagai kemampuan memberi dan mengembangkan pengetahuan peserta didik. Tetapi, beberapa dasawarsa terakhir konsep, persepsi dan penilaian terhadap profesi guru mulai bergeser.

Hal itu selain karena perubahan pandangan manusia-masyarakat terhadap integritas seseorang yang berkaitan dengan produktivitas ekonomisnya, juga karena perkembangan yang cukup radikal di bidang pengetahuan dan teknologi, terutama bidang informasi dan komunikasi, yang kemudian mendorong pengembangan media belajar dan paradigma teknologi pendidikan. Dalam perkembangan berikutnya, sekaligus sebagai biasnya, guru mulai mengalami dilema eksistensial.
B.    Rumusan Masalah
1.    Apa Pengertian Citra Guru Profesional ?
2.    Apa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Citra Guru ?
3.    Bagaimana Identifikasi dan Contoh Citra Guru ?
C.    Tujuan 
1.    Menjelaskan Definisi Citra Guru
2.    Menjelaska Citra Guru dari Masa ke-masa
3.    Mengetahui Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Citra Guru


Contoh Pendahuluan 2

BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang

Ilmu Managment sebetulnya sama usianya dengan kehidupan manusia, mengapa demikian karena pada dasarnya manusia dalam kehidupan sehari-harinya tidak bisa terlepas dari prinsip-prinsip Managment, baik langsung maupun tidak langsung. Baik di sadarai ataupun tidak disadari. Ilmu Managment ilmiah timbul pada sekitar awal abad ke 20 di benua Eropa barat dan Amerika. Dimana di negara-negara tersebut sedang dilanda revolusi yang dikenal dengan nama revolusi industri. Yaitu perubahan-berubahan dalam pengelolaan produksi yang efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah semakin maju dan kebutuhan manusia sudah semakin banyak dan beragama sejenisnya.

Sekarang timbul suatu pertanyaan “siapa sajakah yang sebenarnya memakai Managment “ apakah hanya digunakan di perusahaan saja atau apakah di pemerintahan saja. Managment diperlukan dalam segala bidang. Bentuk dan organisasi serta tipe kegiatan. Dimana orang-orang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan.


B.    Rumusan masalah

Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat ditentukan rumusan masalah dalam makalah ini seperti:

1.    Apa pengertian dan batasan managment ?
2.    Bagaimana prinsip managment sebagai ilmu dan seni  ?
3.    Bagaimana prinsip management sebagai profesi ?
4.    Bagaimana pentingnya tujuan dalam management ?


C.    Tujuan

1.    Untuk mengetahuai pengertian & batasan managment
2.    Untuk mengetahuai managment sebagai ilmu dan seni 
3.    Untuk mengetahuai management sebagai profesi
4.    Untuk mengetahuai pentingnya tujuan dalam management


Contoh Pendahuluan Makalah 3

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

Kualitas pendidikan di Indonesia saat ini sangat memprihatinkan. Ini dibuktikan antara lain dengan data UNESCO (2000) tentang peringkat Indeks Pengembangan Manusia (Human Development Index), yaitu komposisi dari peringkat pencapaian pendidikan, kesehatan, dan penghasilan per kepala yang menunjukkan, bahwa indeks pengembangan manusia Indonesia makin menurun. Di antara 174 negara di dunia, Indonesia menempati urutan ke-102 (1996), ke-99 (1997), ke-105 (1998), dan ke-109 (1999).

Menurut survei Political and Economic Risk Consultant (PERC), kualitas pendidikan di Indonesia berada pada urutan ke-12 dari 12 negara di Asia. Posisi Indonesia berada di bawah Vietnam. Data yang dilaporkan The World Economic Forum Swedia (2000), Indonesia memiliki daya saing yang rendah, yaitu hanya menduduki urutan ke-37 dari 57 negara yang disurvei di dunia. Dan masih menurut survai dari lembaga yang sama Indonesia hanya berpredikat sebagai follower bukan sebagai pemimpin teknologi dari 53 negara di dunia.

Memasuki abad ke- 21 dunia pendidikan di Indonesia menjadi heboh. Kehebohan tersebut bukan disebabkan oleh kehebatan mutu pendidikan nasional tetapi lebih banyak disebabkan karena kesadaran akan bahaya keterbelakangan pendidikan di Indonesia. Perasan ini disebabkan karena beberapa hal yang mendasar.

Salah satunya adalah memasuki abad ke- 21 gelombang globalisasi dirasakan kuat dan terbuka. Kemajaun teknologi dan perubahan yang terjadi memberikan kesadaran baru bahwa Indonesia tidak lagi berdiri sendiri. Indonesia berada di tengah-tengah dunia yang baru, dunia terbuka sehingga orang bebas membandingkan kehidupan dengan negara lain.

Yang kita rasakan sekarang adalah adanya ketertinggalan didalam mutu pendidikan. Baik pendidikan formal maupun informal. Dan hasil itu diperoleh setelah kita membandingkannya dengan negara lain. Pendidikan memang telah menjadi penopang dalam meningkatkan sumber daya manusia Indonesia untuk pembangunan bangsa. Oleh karena itu, kita seharusnya dapat meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang tidak kalah bersaing dengan sumber daya manusia di negara-negara lain.

Setelah kita amati, nampak jelas bahwa masalah yang serius dalam peningkatan mutu pendidikan di Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Dan hal itulah yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan yang menghambat penyediaan sumber daya menusia yang mempunyai keahlian dan keterampilan untuk memenuhi pembangunan bangsa di berbagai bidang.

Kualitas pendidikan Indonesia yang rendah itu juga ditunjukkan data Balitbang (2003) bahwa dari 146.052 SD di Indonesia ternyata hanya delapan sekolah saja yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Primary Years Program (PYP). Dari 20.918 SMP di Indonesia ternyata juga hanya delapan sekolah yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Middle Years Program (MYP) dan dari 8.036 SMA ternyata hanya tujuh sekolah saja yang mendapat pengakuan dunia dalam kategori The Diploma Program (DP).

Penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia antara lain adalah masalah efektifitas, efisiensi dan standardisasi pengajaran. Hal tersebut masih menjadi masalah pendidikan di Indonesia pada umumnya. Adapun permasalahan khusus dalam dunia pendidikan yaitu:
  1. Rendahnya sarana fisik,
  2. Rendahnya kualitas guru,
  3. Rendahnya kesejahteraan guru,
  4. Rendahnya prestasi siswa,
  5. Rendahnya kesempatan pemerataan pendidikan,
  6. Rendahnya relevansi pendidikan dengan kebutuhan,
  7. Mahalnya biaya pendidikan.

Permasalahan-permasalahan yang tersebut di atas akan menjadi bahan bahasan dalam makalah yang berjudul “ Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia” ini.

B. Rumusan Masalah
  1. Bagaimana ciri-ciri pendidikan di Indonesia?
  2. Bagaimana kualitas pendidikan di Indonesia?
  3. Apa saja yang menjadi penyebab rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia?
  4. Bagaimana solusi yang dapat diberikan dari permasalahan-permasalahan pendidikan di Indonesia?

C. Tujuan Penulisan
  1. Mendeskripsikan ciri-ciri pendidikan di Indonesia.
  2. Mendeskripsikan kualitas pendidikan di Indonesia saat ini.
  3. Mendeskripsikan hal-hal yang menjadi penyebab rendahnya mutu pendidikan di Indonesia.
  4. Mendeskripsikan solusi yang dapat diberikan dari permasalahan-permasalahan pendidikan di Indonesia.
Contoh Pendahuluan Makalah 4
BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Guru adalah bagian dari kesadaran sejarah pendidikan di dunia. Citra guru berkembang dan berubah sesuai dengan perkembangan dan perubahan konsep dan persepsi manusia terhadap pendidikan dan kehidupan itu sendiri. Profesi guru pada mulanya dikonsep sebagai kemampuan memberi dan mengembangkan pengetahuan peserta didik. Tetapi, beberapa dasawarsa terakhir konsep, persepsi dan penilaian terhadap profesi guru mulai bergeser.

Hal itu selain karena perubahan pandangan manusia-masyarakat terhadap integritas seseorang yang berkaitan dengan produktivitas ekonomisnya, juga karena perkembangan yang cukup radikal di bidang pengetahuan dan teknologi, terutama bidang informasi dan komunikasi, yang kemudian mendorong pengembangan media belajar dan paradigma teknologi pendidikan. Dalam perkembangan berikutnya, sekaligus sebagai biasnya, guru mulai mengalami dilema eksistensial.


B.    Rumusan Masalah

1.    Apa Pengertian Citra Guru Profesional ?
2.    Apa Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Citra Guru ?
3.    Bagaimana Identifikasi dan Contoh Citra Guru ?


C.    Tujuan

1.    Menjelaskan Definisi Citra Guru
2.    Menjelaska Citra Guru dari Masa ke-masa
3.    Mengetahui Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Citra Guru


A.   Mekanisme Kerja Sama Mahkamah Internasional
a. UNESCO (United Nations Educational Scientific And Cultural Organization)
UNESCO adalah Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan PBB. Tugasnya memajukan kerja sama antarbangsa melalui bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan dalam rangka penegakan hukum, penegakan hak asasimanusia, danpenegakan keadilan.
UNESCO berdiri pada tanggal 4 November 1946 yang berkedudukan di Paris, Perancis.
b. UNICEF (United Nations International Childrens Emergency Fund)
UNICEF adalah Organisasi Dana Perkembangan anak-anak Internasional PBB. Tugasnya memberikan bantuan dalam rangka menyejahterakan ibu dan anak. UNICEF didirikan pada tanggal 11 1946 di New York, Amerika Serikat.
c. WHO (World Health Organization)
WHO adalah Organisasi Kesehatan Sedunia. Organisasi ini didirikan pada tanggal 7 April 1948 yang berkedudukan di Jenewa, Swiss. Tugasnya meningkatkan kesehatan bagi semua orang

d. FAO (Food and Agricultural Organization)
FAO adalah Organisasi Bahan Makanan dan Pertanian. FAO berdiri pada tanggal 16 Oktober 1945 yang berkedudukan di Roma, Italia. Tugasnya meningkatkan efisiensi dan distribusi makanan dan hasil-hasil pertanian ke berbagai pelosok dunia.

e. ILO (International Labour Organization
ILO adalah Organisasi Perburuhan Internasional. Organisasi ini didirikan pada tanggal 11 April 1919 yang berkedudukan di Jenewa, Swiss. Pada tahun 1946 organisasi ini diterima sebagai organisasi khusus dalam PBB. Organisasi ini bertugas memperbaiki taraf hidup dan aturan perburuhan.
f. IBRD (International Bank for Reconstruction And Development)
IBRD adalah Bank Dunia untuk Pembangunan dan Perkembangan. Organisasi ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 yang berkedudukan di Washington, Amerika Serikat.
g. IMF (International Monetary Fund)
IMF adalah Dana Moneter Internasional. Organisasi ini berdiri pada tanggal 27 Desember 1945 yang berkedudukan di Washington DC Amerika Serikat. IMF bertujuan memajukan kerja sama di bidang ekonomi, keuangan, dan perdagangan sehingga memperluas kesempatan kerja.
h. ITU (International Telecommunication Union)
ITU merupakan Persatuan Telekomunikasi Internasional. Organisasi ini didirikan pada tahun 1865 dan diterima sebagai organisasi di bawah PBB pada tahun 1947. Tujuan ITU adalah untuk menghimpun kerja sama internasional yang melayani masyarakat pengguna telepon, telegram, dan radio. Markas ITU di Jenewa, Swiss.
i. WMO (World Meteorogical Organization)
WMO merupakan Organisasi Meteorologi Sedunia. Organisasi ini berdiri pada tanggal 23 Maret 1950. Organisasi ini bertujuan saling tukar laporan mengenai cuaca dengan standar internasional. Markas WMO di Jenewa, Swiss.
j. IMCO (Inter Govermental Maritime Consultative Organization)
IMCO merupakan Organisasi Konsultasi Maritim Antar Pemerintah. Organisasi ini berdiri pada tanggal 13 Januari 1959. Bertujuan memberi nasihat dan konsultasi guna memajukan kerja sama antaranggota. IMCO berkedudukan di London, Inggris.
k. UNDP (United Nations Development Programme) atau program pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa.
Tugasnya memberikan bantuan, terutama untuk meningkatkan pembangunan negara-negara berkembang.
l. UNHCR (United Nations High Comissioner for Refugees) atau Komisi Tinggi Urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa.Tugasnya melindungi hak-hak pengungsi di seluruh dunia.
ASEAN
Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (PERBARA) atau lebih populer dengan sebutan Association of Southeast Asia Nations (ASEAN) merupakan sebuah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok, 8 Agustus 1967 melalui Deklarasi Bangkok oleh Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Organisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. Negara-negara anggota ASEAN mengadakan rapat umum pada setiap bulan November.

B.   BERBAGAI PUTUSAN MAHKAMAH INTERNASIONAL


1.YANG SUDAH DIPUTUSKAN

Putusan 'Komprimistis' Genosida oleh Mahkamah Internasional Dua belas tahun silam, kejahatan internasional terhadap kemanusiaan berkecambukdi negeri Bosnia. Ribuan warga Bosnia dibunuh secara membabi buta oleh pasukanSerbia. Ratusan wanita diperkosa secara paksa, orang tua dan anak-anak tidakberdosa harus meregang nyawa diujung laras senapan. Akan tetapi di saat yangbersamaan, hampir seluruh negara-negara Eropa dan dunia lainnya hanya duduktermangu menyaksikan terjadinya hamparan tragedi kemanusian tersebut. Suatu peristiwa berdarah yang masih sulit untuk kita hapuskan dari ingatan. Padasaat itu, Srebrenica yang terletak di Bosnia Timur merupakan zona aman di bawahkendali penjaga perdamaian PBB asal Belanda, di mana ribuan pengungsi muslimBosnia menggunakan daerah tersebut sebagai tempat pelarian dan penampungansementara.Namun, ketika tentara Serbia pimpinan Jenderal Mladic menyerbu masuk dankemudian meminta agar pasukan Belanda menyerahkan warga Bosnia kepadamereka, permintaan itu pun dipenuhi oleh pasukan tersebut. Pada akhirnya, secarasistematis tentara Serbia membantai habis sekitar 8.000 warga Bosnia, dan penjagaperdamaian PBB yang ada tidak dapat melakukan apapun selain menyaksikanpembantaian keji tersebut.Atas peristiwa tersebut, Bosnia mengajukan gugatan resmi terhadap pemerintah diBeograd ke hadapan Mahkamah Internasional (International Court of Justice/ICJ)yang mempunyai kewenangan untuk menangani sengketa antar-negara. Setelahmenunggu selama empat belas tahun, akhirnya pada minggu yang lalu, ICJ di Haguememutuskan bahwa pembunuhan massal warga muslim Bosnia di Srebrenicamerupakan kejahatan genosida, tetapi berdasarkan hukum internasional, negaraSerbia dinyatakan terbebas dari kesalahan atas drama kejahatan kemanusiaantersebut.Tentunya keputusan yang dinilai tidak tegas dan bersifat formalisme yuridis belakaini menyulut kontroversi di berbagai kalangan ahli hukum dan aktivitas HAM dariberbagai belahan dunia.
2.YANG SUDAH DIBERLAKUKAN
·         Chorfu  Channel Case
 Kasus ini merupakan sengketa antara Albania dan Inggris yang cara pengajuannyamelalui pengadilan yaitu ke Mahkamah Internasional pada tahun 1949.Peristiwanya terjadi pada tanggal 15 Mei 1946 pada saat kapal-kapal Inggrisberlayar memasuki selat Chorfu wilayah Albania. Ketika memasuki laut teritorialAlbania kapal-kapal tersebut ditembaki dengan meriam-meriam yang ada dipantai Albania. Albania ketika itu sedang dalam keadaan perang dengan Yunani.Tanggal 22 Oktober 1949 sebuah kapal Inggris telah menabrak ranjau yang

berada di selat tersebut yang kemudian menimbulkan korban jiwa. Atas kejadiantersebut Inggris kemudain melakukan pembersihan terhadap ranjau-ranjau yangada di selat tersebut tanpa adanya izin dari pemerintah Albania. Kemudiansengketa timbul dan diajukan ke Mahkamah Internasional. Keputusan mahkamahInternasional menyatakan bahwa Albania bertenggungjawab atas kerusakankapal Inggris dan Inggris telah melanggar kedaulatan Albania karena tindakannyamenyapu ranjau. Persoalan ini sebenarnya tidak berkaitan dengan masalahlingkungan hidup secara langsung. Namun dalam kasus ini telah diterapkan suatuprinsip yang mirip dengan Prinsip 21 Deklarasi Stockhlom 1972 yaitu dalam salahsatu keputusannya menyatakan bahwa setiap negara tidak diperbolehkanmelakukan tindakan-tindakan yang mengganggu atau merugikan negara lainnya.

3 .YANG MASIH DALAM PROSES PENYELESAIAN
·         Gulf of Maine Case
 Kasus ini mengenai masalah perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada.Pengajuan perkara diajukan melalui cara ke pengadilan internasional yaituMahkamah Internasional. Dalam sengketa ini untuk pertama kalinya MahkamahInternasional membentuk Kamar Penyelesaian Sengketa (Chamber of DisputteSettlement) berdasarkan pasal 26 (1). Persoalan pokok yang diajukan adalahmengenai penetapan perbatasan tunggal (single maritime boundary) yangdigunakan. Batas Kanada yang diajukan adalah equidistance line tapi AmerikaSerikat menginginkan bahwa perbatasan tergantung dari keadaan yang relevan diwilayah tersebut. Selain itu menurut Kanada, Teluk Maine beserta wilayah yangberdekatan termasuk bagian penting karena memunyai hubungan yang kompleksdan memiliki proses biologis yang penting. Juga wilayah ini merupakaneksosistem laut yang penting di wilayah utara. Dilain pihak Amerika Serikatmenyatakan bahwa wilayah ini memiliki karakteristik berdasarkan 3 prinsip rezimekologi. Dalam hal ini ternyata Teluk Maine juga membentuk komunitas flora danfuna dalam semua siklus jaring makanan dari yang terkecil hingga ikan yangterbesar. Mahkamah Internasional kemudian mempelajari kasus ini.
4.SENGKETA YANG BARU DIAJUKAN
a.Kasus Sabah
Pemerintah Filipina akan mengajukan klaimnya atas kawasan sengketa Sabahkepada Mahkamah Internasional, walaupun Manila mengizinkan Kuala Lumpurmendeportasi para imigran gelap Filipina dari negara bagian di selatan Filipinaitu. Koresponden Radio Australia di Manila melaporkan, bahwa menurut Filipina,Sabah telah merupakan bagian dari sebuah kesultanan dalam wilayah Filipinasejak tahun 1800-an. Pembantu Menlu Filipina, Jose Brillantes, mengatakanbahwa Filipina telah mendirikan kantor baru bernama Direktorat Sabah, yangakan menyelesaikan soal-soal yang bersangkutan dengan klaim Manila atasSabah.Brillantes tidak menghiraukan pernyataan bahwa dengan mengizinkanKuala Lumpur mendeportasi imigran gelap Filipina di Sabah, hal itu kelak bisadigunakan sebagai bukti bahwa Manila sudah tidak berminat lagi terhadapSabah. Di Sabah terdapat sedikitnya 350-ribu warga Filipina -- sebagian besartidak memiliki izin tinggal. Filipina mengatakan bahwa Sabah merupakan bagiandari Kesultanan Sulu, yang menyewakan wilayah itu kepada Perusahaan Inggeris

Borneo Utara pada tahun 1878, dan menjadi bagian dari Malaysia tahun 1963.Kuala Lumpur setiap tahun terus membayar uang sewa kepada Kesultanan Suluseperti ditetapkan dalam perjanjian sewa-menyewa yang asli.
b.Kasus Singapura - Malaysia
Singapura dan Malaysia akan tampil di depan majelis sidang MahkamahInternasional di Belanda pekan depan untuk menyelesaikan masalah klaimatas sebuah pulau yang berlokasi strategis.Kedua negara masing-masing mengatakan akan menghormati apapun yangmenjadi keputusan Pengadilan Internasional atas Pedra Branca yang terletakdi Selat Melaka sebagai penyelesaian akhir atas perebutan pulau tersebutyang telah berlangsung selama 28 tahun.Sidang awal di Den Haag, tempat 15 anggota sidang ditetapkan setelah keduanegara mengajukan permohonan kasus sebanyak tiga tahap sejak Maret 2004hingga November 2005.Negara kota Singapura telah mengajukan klaimnya atas pulau tersebutsemenjak 1840 ketika pemerintah kolonial Inggris membangun mercu suar dipulau tersebut.Pedra Branca yang terletak 40 km sebelah timur Singapura berada di lokasiyang sangat strategis yaitu di pintu masuk timur Selat Melaka.Sementara Malaysia yang mengajukan hak terhadap pulau itu pada 1979 danmenyebutnya sebagai Pulau Batu Putih telah menyebabkan ketidaksepakatan antara kedua negara. Satu perjanjian di tanda-tangani pada 6Februari 2003 yang akan menyerahkan nasib pulau itu kepada PengadilanInternasional.Menurut Mahkamah Internasional dalam situs internetnya mengatakanSingapura akan diberi kesempatan selama empat hari mulai 6 Novemberuntuk membuat presentasi klaim atau pulau tersebut.
5.SENGKETA YANG MENJADI ISU DUNIA
a.Sengketa Israel - Palestina
Setelah Mahkamah Internasional mengambil putusan, bahwa pembangunan tembokpemisah oleh Israel di tepi barat Sungai Yordan melanggar hukum internasional, Palestinadan negara-negara Arab menyelaraskan aksi untuk mendesak Israel menaati putusanMahkamah Internasional itu. Bersamaan dengan itu, Perdana Menteri Israel Ariel Sharonmenandaskan, Pemerintah Israel menolak menerima putusan Mahkamah Internasionaltersebut, dan akan terus membangun tembok pemisah. Persengketaan antara Palestina danIsrael dalam masalah pembangunan tembok pemisah semakin sengit, dan memperjuangkansokongan masyarakat internasional menjadi fokus perjuangan kedua pihak.Mahkamah Internasional dalam putusannya mengatakan, Israel berkewajiban menghentikantindakannya yang melanggar hukum internasional , berkewajiban menghentikan tindakanmembangun tembok pemisah di tanah Palestina yang diduduki termasuk Yerusalem,sementara itu membongkar tembok pemisah yang sudah dibangun di daerah tersebut,memberi ganti-rugi kepada Palestina akibat pembangunan tembok pemisah itu. Walaupunputusan itu tidak mempunyai kekuatan yang mengikat secara hukum yang memaksa, tapimempunyai pengaruh yang cukup besar dalam moral internasional, dan berkemungkinan