SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Tuesday 8 March 2016

VISI MISI DAN USAHA MUHAMMADIYAH SEBAGAI GERAKAN ISLAM DAKWAH DAN TAJDID

VISI
visi muhammadiyah adalah " Muhammadiyah sebagai gerakan islam yang berlandaskan pada Al-Qur'an dan As-Sunnah dengan watak tajdid yang dimilikinya, senantiasa istiqamah dan aktif dalam melaksanakan daqwah islam amar ma'ruf nahi mungkar disegala bidang, sehingga menjai rahmatan lil aalamin bagi umat, bangsa, dan dunia kemanusiaan menuju terciptanya masyarakat utama yang diridhoi oleh Allah SWT. dalam kehidupan di dunia ini

MISI
Muhammadiyah adalah organisasi islam yang bergerak di bidang dakwah yang didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan. sejak awal didirikannya hingga kini dan waktu yang akan datang, misi muhammadiyah sebagai Gerakan Islam berkisar pada empat pola perjuangan :
1. Menegakkan Keyakinan 'tauhid' yang murni sesuai ajaran Allah dan Rasulnya.
2. menyebarluaskan ajaran islam yang bersumber pada kitab suci Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW
3. mewujudkan amaln amaln islam dalam kehidupan perorangan, keluarga, dan masyarakat.
4, pemahaman agama dengan menggunakan rasio (akal)
Dalam menunaikan misinya menegakkan 'Tauhid' yang murni itu, Muhammadiyah berpedoman kepada janji Allah, sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur'an :
* QS. 47.7
  "wahai orang orang yang beriman, bila kamu tegakkan ajaran agama Allah, Niscaya dia akan melimpahkan pertolonganya kepada kamu dan akan menegakkan tempat kamu berpijak "
*QS. 3:160
" Bila kamu dikaruniai pertolongan Allah, maka kamu tidak akan terkalahkan oleh siapa pun"
muncul pertanyaan " bagaiman cara muhammadiyah mewujudkan amalan islam dalam kehidupan perorangan, keluarga, dan masyarakat?.
Jawabanya: Muhammadiyah benar-benar menginsyafi, bahwa jiwa yang ber"tauhid" yang murni pasti mendorong orang untuk berbuat sesuai dengan ajaran tauhidnya, tetapi sebaliknya betapapun baik amal perbuatanya tidak akan diterimah oleh Allah. jadi imam dan amal tidak dapat dipisahkan, imam yang sungguh sungguh pasti akan melahirkan ama, dan amal hanya diterimah disis Allah bila keluar dari imam yang benar.
Al-Qur'an berpesan, " barang siapa yang berbuat kebajikan baik laki-laki atau perempuan dalam keadaan beriman yang benar, niscaya kami akan karuniai hidup yang baik dan kami akan balas amal perbuatan mereka itu dengan pahala yang kami janjikan (16:97)
muhammadiyah senantiasa berusahaa untuk menanamkan keinsyapan kepada tiap-tiap individu, bahwasanyafungsi manusia diciptakan oleh allah senantiasa untuk beribadah kepada Allah SWT. dengan kata lain misi muhammadiyah bermaksud untuk melaksanakan syariat Islam sesuaai dengan petunjuk Allah dan Rasulnya.
USAHA MUHAMMADIYAH
muhammadiyah dalam mewujudkan visi misinya gerakanya menempuh langkah-langkah sebagai berikut :
a. mempergiat dan memperdalam penyelidikan ilmu agama islam untuk mendapatkan kemurnian dan kebenaranya
b. memperteguh imam, menggembirakan, dan memperkuat ibadah, serta mempertinggi akhlak.
c. memajukan dan memperbaharui pendidikan dan kebudayaan serta memperluas ilmu pengetahuan, tekhnologi, dan penelitian menurut tuntutan islam.
mempergiat dan menggembirakan tablig.

No comments:

Post a Comment