SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Friday 25 March 2016

Tips Membuka Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas Dengan Baik

Menjadi seorang guru adalah suatu hal yang sangat rumit, gampang- gampang susah dan senang2 jengkel. mengapa demikian, untuk menjadi seorang guru itu sangatlah mudah. tapi menjadi guru profesional itu sesuatu yang sangat rumit. karena mengatur siswa itu lebih baik mengatur seekor kambing. sangat sulit untuk menjadi apa yang kita inginkan, nah sebagai guru yang profesional pastinya selalu mencari cara atau solusi supaya siswa bisa akrab dan senang terhadapnya. tidak ditakuti namun disegani. namun itu semua bukanlah perkara yang gampang.
kemudian, mengapa saya katakan senang- senang jengkel?? mengajar adalah hal yang paling mulia dan menyenangkan apabila dalam kelas tercipta suatu pembelajaran yang kondusif, terjalin kerjasama yang baik antara siswa dan guru, siswa dan teman yang lainnya, namun untuk menciptakan kondisi yang seperti inipun sangatlah sulit.
UNTUK ITU SEDIKIT TIPS BUAT ANDA YANG HENDAK MENGAJAR BAHASA INGGRIS PERTAMA KALI DI KElAS
1. Kenali siswa anda
Untuk mengenali siswa anda, bukan berarti anda kekelas berkenalan terlebih dahulu kemudian pulang dan merencanakan hal apa saja yang harus anda lakukan dalam mengajar dikelas tersebut. disini yang saya maksud adalah, kenali dia seperti anda ketika berada diposisinya, misalnya anda mengajar SMP pasti beda dengan SMA ataupun SD. sebelunya anda harus tau kondisi siswa kelas 1 SMA seperti apa, kemudian rencanakan satu atau dua kalimat pembuka yang berkesan, usahakan ada sesuatu yang bisa menarik minat mereka ketika anda dikelas melakukan pertemuan pertama, entah itu games, kata2 humor, ataupun berbentuk gambar dan sebagainya, tentu saja durasinya tidak lama, maksimal 5 menit, kemudian lanjut perkenalan 5 menit. habis itu baru melakukan pengajaran. dalam mengajar pun usahakan cari tau apa yang diinginkan siswa dalam mempelajari materi tersebut, apa dia senang mengerjakan soal2 sambil menjelaskan, karena saat ini guru menjelaskan itu sudah hal tidak productive lagi, usahakan bagaimana cara supaya siswa tersebut aktif, paling tidak dia tidak ribut.
2. jangan paksa siswa untuk paham dengan materi anda
ketika proses pembelajaran berlanjut, jangan memaksa siswa untuk menyelesai materi yang seharusnya tercapai dalam kurung waktu sesuai di RPP, bisa saja waktu yang kita tentukan di RPP bisa  lebih cepat dan bahkan bisa sangat lambat itu tergantung dari siswa anda. ketika siswa anda sudah merasa enjoy dengan materiyang anda ajarkan, maka tidak ada salahnya materi tersebut diperpanjang durasinya, meskipun dia sudah mengerti dan paham dengan materi tersebut, paling tidak berika dia respon dengan soal2 ringan, supaya dia bisa merasa pelajaran yang anda ajarkan menyenangkan, jangan langsung melangkah dengan materi berikut, apalagi waktu mengajar anda sudah hampir habis, membuka materi baru bisa saja menurunkan minat siswa untuk pertemuan selanjutnya. begitupun ketika siswa masih sedikit bingung dengan materi yang anda ajarakan tidak ada salahnya diulang sampai siswa tersebut merasa enjoy, dan menganggap materi anda sedikit gampang dan menarik. jangan mengajar seolah olah diburu oleh waktu, ingat materi yang banayk namun pemahaman kurang ittu hasilnya 0.
3. berusahalah bagaimana supaya siswa tersebut senang terhadap anda. bisa saja mendukung aktivitas2x diluar sana. dalam artian ikutilah kemauan siswa anda, jangan memaksa siswa untuk keluar dari zona nyaman mereka. misalnya siswa mengeluh akan tugas paling tidak, kurangi tugas2nya, berikan dia kesempatan untuk berbicara dengan teman dekatnya dikelas, jangan melarang meraka berbicara dengan teman dekatnya. namun bukan artian bahwa siswa kemauanya diikuti secara berlebihan, paling tidak sampai dia merasa sedikit lega, dan menganggap bahwa siswa tersebut dipedulikan, atau diperhatikan, manjakan siswa namun dalam batas kewajaran, karena siswa pun tau batasa-batasan yang harus dia perbuat terhadap anda ketika anda berhasil membuat dia tertarik dengan anda.
4. berpakaian menarik,
menjadi seorang guru penampilan sangatlah penting, berpenampilan rapi dan sopan bisa menarik perhatian siswa secara tidak langsung minat siswa untuk diajar oleh anda pun meningkat.
5. Percaya diri
point tersebut sangatlah pentig, bagi anda yang baru memiliki pengalaman mengajar yang terhitung masih minim, pasti yang anda pikirkan adalah ilmu anda sudah sampai dimana? apa yang bisa diajarkan kesiswa, bisa tidak kita mengajar siswa. mulai sekarang buang semua asumsi tersebut, ambillah buku atau apa saja misalnya laptop, browsing materi yang ingin anda ajarkan, pelajari, saya yakin materi yang akan anda ajarkan sangatlah mudah untuk kalian pahami, dan kalian tau??? bahwa siswa yang akan menerima pelajaran tersebut pasti sangat kurang, jangan menganggap bahwa siswa lebih pandai dari anda, jangan takut terhadap siswa, tapi berusahalah untuk tampil maksimal didepan siswa, mengajarkan ilmu sederhana tapi manfaatnya luar biasa, bisa terterimah dengan baik oleh siswa, itu yang lebih penting, ingat jangan menunggu sampai lho kaya baru bisa memberi atau menyumbang, begitupun denga ilmu, jangan menunggu sampai kamu pintar baru mengajar, tapi berusahalah untuk pintar karena mengajar, sekian

No comments:

Post a Comment