SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Friday 22 December 2017

PENTINGNYA MEMPREDIKSI EKSISTENSI DALAM MEMILIH JURUSAN YANG MENJANJIKAN

Dalam memilih jurusan hal yang perlu kita pertimbangkan adalah prediksi kita 4 sampai 5 tahun kedepan. Sebagai contoh di wilayah saya yang paling banyak dipilih setiap tahunnya adalah jurusan  tenaga Pendidik dan Ners. Kendalanya banyak di antara Alumni yang enggang menjadi pendidik karena peluangnya hanya sekedar menjadi guru honorer yang nasibnya belum tau akan kemana. Pengabdian untuk menjadi guru honorer tidaklah mudah. Sehingga banyak diantaranya yang lebih memilih menganggur ketimbang menjai guru honorer. Atau bahkan bekerja apa saja yang jelas bukan menjadi tenaga pendidik. Kita bisa memprediksi bahwa sekalipun ada banyak mahasiswa yang berasal dari pendidikan. Profesi sebagai guru masih tetap akan menanjikan beberapa tahun kedepan, itu dikarenakan kurangnya minat namun tingginya permintaan untuk menjadi pengajar disekolah-sekolah. Apalagi saat ini, setiap tahunnya penataan atau pemerataan pendidikan tingkat Dasar dan menengah semakin terbenahi, itu dibuktikan meningkatnya pembagunan sekolah di setiap daerah. Berbeda dengan profesi Ners, Sekalipun saat ini profesi Ners masih sangat dibutuhkan di Dunia kerja baik di klinik, Rumah Sakit, ataupun Puskesmas dan sejenisnya. Perlu kita pertimbangkan atau mengkaji ulang bahwa peminat jurusan ini setiap tahun semakin meningkat dan jumlahnya semakin meluber, yang tak terhindarkan lagi nantinya akan terjadi ketidak seimbangan antara Alumni Keperawatan dengan lowongan yang tersedia. Sehingga disarankan untuk anda memilih jurusan cadangan yang sesuai dengan minat anda, namun jika tidak ya bersiaplah untuk berjuang dan bersaing secara sehat di antara ribuan perawat yang nantinya akan bersama anda mencari pekerjaan. Ingat kawan bahwa Indonesia sudah kaya akan Sarjana namun masih tetap tak mengurangi angka pengangguran.
Ilustrasi di atas hanyalah suatu contoh/cerminan atas pesan yang hendak disampaikan oleh penulis. Intinya apapun jurusan yang anda ingin pilih, jangan lupa untuk melakukan riset terlebih dahulu akan jurusan tersebut. Jangan terlalu tervacum akan sesuatu yang kamu senangi, atau bakat yang anda miliki. Jangan takut untuk mempelajari hal-hal yang baru atau bahkan jangan takut untuk memilih jurusan yang sekalipun  pelajaran yang akan anda dapat merupakan sesuatu yang kurang anda senangi. Singkat cerita kawan,” ingat tak ada gunanya mempertahankan Zona nyaman yang kurang menanjikan, adakalanya kita harus siap keluar dari Zona nyaman untuk mendapatkan sesuatu yang indah”.
Ingat dunia ini penuh dengan perujuang, hidup ini pilihan, apapun pilihan anda, jalanilah setiap proses jangan mudah menyerah. Adakalahnya semakin tinggi ilmu seseorang maka semakin terasa betapa bodohnya orang itu. Artinya, dalam hidup yang kita perlukan adalah bertahan dalam setiap kondisi, jangan mudah menyerah, karena semakin sulit sesuatu yang kamu jalani, semakin besar pula pencapaian yang akan anda raih.

Sebagai penutup, buat para pembaca, suatu hal yang harus anda tau, bahwa di dunia ini penuh dengan rintangan. Kita harus siap untuk segala kondisi yang ada, karena terkadang dalam hidup kita ada diatas, tiba2 jatuh kebawah, kita tidak bisa memprediksi kehidupan kita, apa yang akan terjadi besok. Namun apa yang kita lakukan hari ini, itu tidak akan pernah jauh dari apa yang akan kamu dapatkan nantinya. Maka saya sarankan untuk anda yang masih bingung memilih jurusan coba deh masukkan prediksi sebagai pertimbangan anda dalam memilih jurusan. Sekian   

No comments:

Post a Comment