SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Friday 22 December 2017

PILIHLAH JURUSAN YANG SESUAI DENGAN PANGSA PASAR ATAU KEBUTUHAN DI DUNIA KERJA

Bukan hanya di dunia bisnis kita mengenal pangsa pasar, namun dalam memilih jurusan kuliah kita pun diharapkan untuk memilih jurusan susuai dengan kebutuhan di lapangan. Saat ini ada banyak wisudawan dan wisudawati baik dari kampus dan jurusan ternama sampai kepada kampus yang terbilang kurang dari segi existensinya selalu mendapat sambutan selamat datang di dunia pengangguran, bukan karena mereka kurang berkualitas, atau bukan karena IPKnya rendah, kebanyakan dari mereka hanya ingin mendapatkan gelar, dan mencari pekerjaan bermodalkan ijazah, dan kerjaan yang dia inginkanpun tak tersedia di tempat dimana ia hendak melamar, sehingga tak heran ada banyak sarjana yang memilih meniti karir diluar sana, salah satu penyebanya karna kurang lihai melihat pangsa pasar yang ada. Mereka hanya ingin mengejar title, soal kerjaan nantinya itu tidak penting,yang terpenting wisuda dan IPK menjanjikan.
Saran saya sebelum anda memutuskan untuk mengambil suatu jurusan liatlah atau surveylah tempat yang nantinya anda akan tempati untuk meniti karir, kira2 skill yang paling dibutuhkan di lokasi tersebut seperti apa, dan apakah pesaingnya masih kurang. Ini yang sering  terlepas dari pemikiran orang2 apapun jurusan dan universitas atau kampus anda, kalau misalnya itu yang dibutuhkan dilokasi anda maka status selamat datang di dunia pengangguran itu sangat minim akan anda alami, kecuali ketika kuliah anda sering lewat ketika depan kampus,
Yang kedua lihatlah dan carilah sesuatu yang anda senangi misalnya anda hobinya bercocok tanam maka otomatis pesaing anda kesana biasanya sangat minim toh mereka tidak perlu kuliah untuk bercocok tanam, namun paling tidak dengan memilih jurusan tersebut waktu anda tidak akan terbuang sia2 karena anda mempelajari sesuatu yang anda senangi dan ketika lulus anda akan lebih gampang mendapatkan pekerjaan karena apa yang anda pelajari akan anda terapkan dan tidak menutup kemungkinan anda akan berhasil menciptkana lapangan kerja.
Kemudian yang paling penting carilah jurusan yang paling kurang peminatnya sekalipun jurusan tersebut passionnnya nanti tidak terlalu menanjikan tapi paling tidak pesaing anda kurang, sehingga nanti anda akan lebih mudah mendapatkan pekerjaaan, yang pastinya pekerjaan yang sebelumnya tidak terlalu dimanati apabila kita berhasil menekuninya toh pasti akan mengalami suatu perkembangan tidak menutup kemungkinan bisa membuat anda menciptkan peluang cukup besar nantinya.

Kesimpulan, pandai2lah melirik pangsa pasar yang bisa membuat anda dibutuhkan setelah selesai menempuh pendidikan sekalipun jenis pekerjaan yanag akan anda dapatkan nantinya kurang bergengsi namun tidak ada jaminan anda tidak akan sukses. Bukankah kesuksesan paling baik itu sesuatu yang dimulai dari awal, atau suatu innovasi yang tercipta yang berasal dari hasil kera keras dan pemikiran kita. Sekian wassalam.

No comments:

Post a Comment