SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Tuesday 8 March 2016

MATAN KEYAKINAN DAN CITA CITA HIDUP MUHAMMADIYAH

Keputusan Tanwir Tahun 1969 di Ponorogo
1. muhammadiyah adalah gerakan berasa islam, bercita cita dan bekerja untuk terwujudnya masyaraakat islam yang sebesar besarnya, untuk melaksanakaan fungsi dan misi manusia sebagai hamba dan khalifaah Allah di muka bumi.
2. muhammaadiyah berkeyakinan bahwa islaam adalah aagaamaa Allah yang diwahyukan kepada rasulnya, sejak Nabi Adam, Ibrahim, Musa, Isa, dan seterusnya sampai kepada Nabi Penutup Muhammad SAW, sebagai hidayah dan rahmat Allah kepada umat manusia sepanjang masa dan menjamin kesejahteraan hidup materiil dan spiritual, duniawi, dan ukhrawi.
3. Muhammadiyah dalam mengamalkan islam berdasarkan :
a. Al-Qur'an :kitab Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw
b. Sunnah Rasul: penjelasan dan pelaksanaan ajaraan ajaran Al-Qur'an yang diberikan oleh nabi Muhammad saw. dengan menggunakan akal pikiran sesuai dengan jiwa ajaran Islam.
4. Muhammadiyah bekerja untuk terlaksananya ajaran ajaran Islam yang meliputi bidang bidang:
a. Aqidah
b. Akhlak
c. Ibadah
d. Muamalah Duniawiyah
5. Muhammadiyah mengajak segenap lapisan bangsa Indonesia yang telah mendapat karunia Allah berupa tanaah air yang mempunyai sumber sumber kekayaan, kemerdekaan baangsa dan negara RI yang berfilsafat Pancasila, untuk berusah bersama sama menjadikan suatu negara yang adil, makmur, dan diridhai Allah SWT. 
CATATAN : TELAH MENDAPATKAN PERBAIKAN PADA TANWIR TAHUN 1970

No comments:

Post a Comment