SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Friday 25 March 2016

TIPS MENGAHADAPI UJIAN SEMINAR PROPOSAL BAHASA INGGRIS

Ujian seminar proposal adalah suatu hal yang gampang-gampang susah, mengapa dikatakan gampang??? karena memang ujian proposal basicnya gampang, yang membuat susah itu pesertanya. Mengapa tidak, kebanyakan peserta ujian, yang mengalami kesulitan ketika berhadapan dengan audiens, dan examiners merasa takut, grogi, dan deg- degan. penyebabnya mungkin karena kurang menguasai materi, takut salah, malas belajar, dan sebagainya. padahal itu semua hanya akan memperburuk keadaan disaat ujian. ingat yang namanya ujian pasti sulit, dan itu harus kita lewati, dan semuanya pasti akan terlewatkan. jadi kenapa harus takut.
DISINI SAYA INGIN MEMBERIKAN SEDIKIT TIPS KETIKA AKAN MENGHADAPI UJIAN.
1. Belajar
Mengapa belajar saya tempatkan di urutan pertama? karena ini sangatlah penting. kalian pasti sudah taukan ingin pintar makanya belajar. yang perlu kalian pelajari adalah PAHAMI APA JUDUL KAMU, dipahami bukan dihafal. karena kalau dihafal sudah pasti kalian hafal bukan? di judul tersebut pasti kalian bisa tau apa sih yang harus kalian pelajari, paling tidak kalian bisa pahami maksud dari judul kamu. misalnya peningkatan reading comprehension siswa melalui group investigation, paling tidak kamu tau apa itu reading comprehension, dan apa itu group investigation. kemudian liat latar belakang kamu mengambil judul tersebut. misalnya mengapa reading comprehension, karena reading comprehension siswa disekolah itu masih rendah. itu dilihat dari pencapaian siswa dalam menyelesaikan soal soal ujian nilainya masih dibawah rata-rata. mengapa GI, karena diyakini group investigation sangat cocok untuk diterapkan di sekolah tersebut dan lain sebagainya. ini cuma contoh. kemudian lanjut di problem statemnet. disini kalian harus kuasai lebih dalam, karena kelihatanya simple, tapi kebanyakan penguji menyerang anda disini. selama kamu tidak nerves dan focus, pasti ini semua sangat mudah bagi anda. nah supaya kalian tidak lupa kalian pelajari 2 sampai 3 kali. itu saja sebenarnya sudah cukup, kenapa? ketika anda sudah menguasai ini pasti kalian punya banyak kata yang bisa anda utarakan saat ujian, salah benarnya itu urusan belakangan, paling tidak sediki nyambung. daripada diam tanpa kata. kemudian lanjut di bab 3, disni berisi metodenya apa? misalnya CAR mengapa car, karena CAR memang khusus buat guru, untuk menjadi guru yang profesional maka CAR adalah pilihan terbaik. bagaimana bisa anda menjadi guru kalau anda tidak mampu berinteraksi dengan siswa. karena CAR merupakan methode yang harus berhasil. jadi sebisa mungkin guru harus membuat proses pembelajaran efektif dan condusif, kurang lebih seperti itulah, soalnya saya malas berfikir, ini kan cuma contoh. dan yang paling penting yang harus anda kuasai disini adalah Lesson Plan atau RPP, jadi pelajari RPP anda, ketika RPP dikuasai, maka disini kalian pasti aman. kemudian lanjut di sistem penilaian, cara anda memberikan nilai kesiswa bagaimana? biasanya berisikan rumus. pelajari itu sampai kalian mahir, paling tidak 2 sampai 3 kali. setelah itu pasrahkan saja sama yang diatas, yakin semuanya akan baik baik saja saat ujian.
2. berdoa
point ini sangatlah penting, berdoa dan serahkan semuanya pada yang diatas. ini adalah cara untuk meningkatkan rasa percaya diri anda.
3. minta restu orang tua
4. Hadapi dengan lapang dada, jangan terfocus pada pencapaian, tapi focus pada usaha, apapun yang terjadi paling tidak anda bisa selesaikan hal yang tergolong horor ini, soal nilai itu urusan belakangan, asal kalian tau, nilai didunia nyata itu tidak ada pengaruhnya. nilai tinggi itu hanya akan berpengaruh pada kesenangan sesaat saja dikampus. di dunia luar itu tidak terlalu bermasalah. paling tidak anda lulus saja itu sudah cukup.
MOHON MAAF APABILA TULISAN SAJA AMBURADUL ATAU BRANTAKAN. SOALNYA SAYA MENULISNYA ASAL JADI SAJA. NAMUN SAYA HARAP INI BISA BERMANFAAT> INTINYA KALAU INGIN UJIAN TIDAK USAH BERHARAP AKAN TAMPIL SEMPURNA, APA ADANYA SAJALAH, KUASAI MATERI YANG APA ADANYA TAPI BISA MEMBUAT ANDA PERCAYA DIRI, DALAM ARTIAN TIDAK MATI KUTU DENGAN BERBAGAI SERANGAN PERTANYAAN WASSALAM


No comments:

Post a Comment