SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Friday 22 December 2017

MEMILIH JURUSAN SESUAI PASSION DAN TARGET PEKERJAAN

MEMILIH JURUSAN SESUAI PASSION DAN TARGET PEKERJAAN
Setiap orang yang hendak masuk perguruan tinggi pasti dia akan melihat dirinya beberapa tahun kedepan.Hal pertama yang dia pikirkan adalah dunia kerja. Setiap orang akan memiliki sebuah impian atau cita-cita, atau bahkan hanya sebuah harapan untuk memiliki kehidupan yang lebih layak nantinya. Sayangnya di Indonesia hal yang sudah menjadi suatu kebudayaan untuk mendapatkan kehidupan yang layak dengan berbekal pendidikan yang tinggi. Di tambah lagi dengan dunia kerja yang selalu memasukka ijazah sebagai syarat utamanya.
Mengingat bahwa saat ini jumlah pengangguran di Indonesia setiap tahunnya semakin bertambah. Persaingan pun semakin hari semakin ketat, kita bisa melihat rating di setiap lowongan pekerjaan dimana antara jumlah pendaftar dengan yang di butuhkan selalu memasuki angka yang tidak rasional. Alasan masing-masing pendaftar pun tak lebih dari sebuah kepasraan, tak jarang para pelamar selalu mengeluarkan suatu statetment bahwa terimah atau gaknya yang penting usaha. Disamping itu, tak jarang kita temukan para sarjana yang pasrah akan keadaan, kerja tidak sesuai dengan bakat, tidak sesuai jurusan, intinya bagaimana dia bisa bekerja, daripada nganggur dan tak kerjasama sekali ujarnya.
Dari uraian diatas jelas sekali bahwa memilih jurusan yang sesuai passion target sangatlah penting. Mulai sekarang saya sarankan kepada kalian yang sebentar lagi memasuki masa perkuliahan, coba deh tentukan passion dan target anda nantinya. Kemuadian carilah Universitas/Perguruan tinggi yang memiliki jurusan yang akan membantu kebutuhan anda nantinya. Biasanya akreditasi jurusan yang sering di rekomendasikan adalah B. Tak perduli kampus dimana kita akan kuliah paling tidak kampus yang jurusannya memiliki predikat B umumnya sudah termasuk kampus yang cocok untuk anda masuki. Saat ini kampus di indonesia sudah sangat mudah untuk kita dapatkan mulai dari kota metropolitan sampai ke plosok, kampus sudah banyak berjejeran dan dengan jurusan yang pastinya di butuhkan di Dunia kerja.  Satu hal yang perlu diingat bahwa saat ini semua kampus pada dasarnya sama, yang membedakan adalah mahasiswanya. Begitupun dengan jurusan yang ada, tak satupun universitas atau perguruan tinggi yang membuka jurusan yang tak menjanjikan. Mulai sekarang stop beranggapan bahwa kampus dan jurusan antara A, B, dan C itu berbeda, Kampus A lebih Unggul dari kampus B dan C, stop it. Sekalipun kita memang harus mengakui bahwa memang ada di ataranya yang lebih unggul, namun semua akan kembali ke diri kita.

Maka dari itu saya sarankan agar nantinya tujuan anda akan terarah, mulailah jatuhkan suatu passion dan target pekerjaan yang anda idam2kan nantinya, dan pilihlah jurusan yang paling tepat untuk mensupport keinginan dan cita2 anda, dengan demikian anda akan lebih focus dan serius dalam menjalani perkuliahan. Toh anda nantinya sudah memiliki target, dan target itupun saat ini sudah membantu anda dalam proses pencapaianya dengan memilih kuliah dikampus dan jurusan yang memang benar2 mengarah atau searah dengan tujuan anda. Sekalipun ini tidak menjamin anda akan terbebas dari Dunia yang umum di sambut oleh para wisudawan yaitu selamat datang di Dunia pengangguran. Peluang untuk menyesal dan mengembangkan diri sampai akhirnya mendapatkan apa yang lho inginkan dan perjuangkan itu tidak akan ada hambatan. Karena persiapan awal anda yang memang sudah terarah sesuai dengan target dan tujuan anda, membuat anda lebih focus dan akan memudahkan anda mendapatkan apa yang lho inginkan,,,!!! Intinya dalam memilih jurusan hal yang paling penting adalah apa tujuan anda kuliah, dan apa target yang ingin anda capai, tentukan dan putuskan sejak dini, supaya kamu bisa menjatuhkan pilihan yang tepat dengan sasaran anda. Terimah kasih.

No comments:

Post a Comment