SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Friday 22 December 2017

TIPS AGAR BETAH DAN SUKSES KULIAH DI LUAR KOTA

Tamat di bangku sekolah merantau adalah hal yang selalu menjadi suatu keharusan bagi mereka untuk melanjutkan pendidikan di Bangku Perkuliahan. Beberapa macam alasan seseorang memilih merantau untuk kuliah di luar kota, ingin belajar hidup mandiri, ingin mendapatkan universitas dan jurusan ternama, dan lain sebagainya
Namun memilih untuk keluar daerah bagi sebagian orang bukanlah perkara gampang, ada banyak pertimbangan dan kendala yang muncul di benak masing2 individu yang kadang membuatnya mengalah dan mengurungkan niat untuk lanjutkan studynya di luar kota. Mulai dari izin orang tua, pacar, atau banyak hal yang muncul di benak kita yang sulit untuk kita tinggalkan, kebanyakan di antara kita berhasil kuliah di luar daerah, apupun alasan kita dan bagaimanapun kenyataan yang akhirnya menjadi keputusan kita segalanya ada ditangan kita sendiri, kesuksesan bukan di pihak kampus, jurusan, tempat dan apapun itu tetap kesuksesan, kita yang kendalikan.
Demikianlah tips dari saya untuk anda yang hendak kuliah di luar kota. Seharusnya jauh sebelumnya kita sudah pikirkan dan pertimbangkan . karena kuliah di luar kota bukanlah perkara mudah, ingat terkadang impian tidak selalu sesuai dengan realita yang kita harapkan. Agar tidak salah melangkah maka bacalah tips dari kami.
1.       Surveylah tempat/kota tujuan anda,,, apakah lingkungan atau kondisi buat anda nantinya sesuai dengan kemampuan anda? Apakah dengan tinggal dikota tersebut nantinya pendidkan anda akan membawa anda ke arus yang lebih terhadap apa yang anda inginkan nantinya??contoh di jakarta ada banyak jurusan pertanian ternama,tapi apa iyya kota metropolitan cocok dengan jurusan pertanian jawabanya relative ya, terus anda memilih jurusan Technology Informasi, Atau Hukum terus anda kuliah di daerah cocok gak buat kamu, ini Cuma pandangan saja. Lupakan tentang kota metropolitan, karena kampus ternama tak selamanya ada dalam kota tersebut. Jangan terpacu terhadap satu kampus yang yang anda favoritekan, karena bisa saja kampus yang anda favoritekan sekarang itu tak lebih karena informasi yang anda dapat hanya kebanyakan berasal dari kampus tersebut. Yang paling penting adalah akreditasi kampus atau jurusan, kalau sudah berada di level B maka gak usah ragu lagi akan kualitasnya.Akreditasi akan mencerminkan kualitas jurusan. Namun dengan ekonomi yang cukup kota metropolitan bukanlah menjadi suatu kendala buat anda.
2.       Carilah kota dengan biaya hidup yang sesuai dengan ekonomi anda,,, anda bisa searching kota dengan biaya hidup yang lebih rendah, dan kualitas pendidikannya bagus.
3.       Jangan terfocus pada satu pilihan, karena terkadang apa yang tidak sempat kita pikirkan sebelumnya itu jauh lebih baik, misalnya kita hanya kenal kota jakarta, tak dipertanyakan lagi di jakarta ada banyak PTN dan PTS ternama. Tapi cobalah perluasan wawasan anda ke kota lain seperti malang, jogja toh disana pasti terdapat banyak kampus ternama dan biaya hidup terendah misalnya. Atau bandung, intinya setiap kota akan ada universitas dan jurusan ternama yang sesuai dengan yang anda inginkan.  
4.       Yang terpenting adalah simulasi biaya hidup. Kebanyak dari kita ketika kuliah masih bergantung sama orang tua atau sanak keluarga. Liatlah sumber dana anda dan sesuaikan dengan pilihan anda, jangan memaksakan diri apalagi untuk ikut2tan atau bahkan untuk menaikkan gengsi. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis namun karena keterbatasan waktu dan beban hidup jadi membuat pikiran saya jadi sedikit buntu,untuk imformasi lain jangan lupa akan saya munculkan di postingan saya selanjutnya


No comments:

Post a Comment