SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Friday 22 December 2017

Tips Menghadapi Dilema Antara Kuliah Dan Kerja

Meskipun kuliah tidak menjamin masa depan yang cerah, namun saat ini hampir semua loker mempersyarakan Ijazah sebagai syarat utama. Namun kendalanya saat ini ada banyak bahkan ribuan sampai puluhan ribu sarjana di Indonesia adalah pengangguran, kalaupun kerja ya paling kerjaan tidak sesuai dengan gelarnya. Mengingat semua orang yang sudah beranjak ke usia yang bisa dibilang masuk dalam kategory dewasa pastinya butuh untuk bekerja. Sulitnya mendapatkan pekerjaan ini sering di alami oleh para sarjana muda atau bahkan sarjana tua.  Bahkan tak jarang dari mereka yang memutuskan untuk kerja apa aja asal halal  sekalipun hasil tak sesuai dengan keringat yang dikeluarkan.
Dibalik semua kasus diatas tak jarang pula diantara kita yang begitu cepat mendapatkan kerjaan dengan hasil ya lumayan bahkan lebih gede dari seorang PNS yang masih menjadi primadona di Negeri ini. Ini yang sering membuat sebagian dari kita sering merasa galau, dilema ketika dihadapkan terhadap persoalan antara kuliah dan kerja
Kuliah memang  hal yang sangat penting bahkan kuliah adalah segalanya untuk masa depan kita, karena pendidikan yang tinggi akan membawa kita ke zona pekerjaan yang pastinya menjanjikan. Ya itu sih dulu kali ya,,,,!! Sekarang mah status Sarjana tuhh dah berkeliaran dimana2 bagaikan anak ayam yang baru lepas dari induknya, yang wisuda 5 tahun lalu saja masih belum kerja semua apalagi yang kita baru kuliah,,,,!!! Betul nasib kita ada yang ngatur, tapi kita juga harus pandai2 melihat realita. Namun sedikit saran yang mungkin bisa membantu pembaca blog ini agar dilema atau galaunya bisa teratasi.
1.       Memilih Bekerja, nah bagi kamu yang  memilih bekerja dan meninggalkan bangku Kuliah, fucuslah pada pekerjaan anda, ikhaskan dan kuburlah sedalam mungkin tentang nasib kamu yang akan mendapatkan gelar sarjana, karena saya yakin sewaktu2 anda akan menyesali tindakan kamu ini. Ketika kamu menyesalinya hal yang perlu diingat bahwa penyesalan bukan berarti anda salah langkah, anda benar kok, bukankah kuliah terus sarjana yang kita butuhkan adalah kerjaan, apakah ada jaminan setelah lulus kuliah anda akan mendapatkan kerjaan sama dengan yang anda alami sekarang??? Intinya bersyukurlah karena kamu masuk dalam daftar orang yang sangat beruntung diantara banyak pengangguran di luar sana.
Hanya saja  pantangannya adalah kalau sewaktu-waktu entah kapan dan alasan apapun itu anda kehilangan akan pekerjaan anda, maka peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan baru akan sulit, karena ntah dengan alasan apa beberpa lowongan mensyaratkan ijazah, sekalipun pengalaman juga menjadi point penting namun tetap ijazahlah  point utamanya.
Jadi, kalau anda sekarang memilih bekerja tetaplah bertahan dengan kerjaan anda dalam kondisi apapun, jikalau anda memang ingin resign, cobalah pertimbangkan dengan matang, atau paling tidak carilah dulu kerjaan yang siap mempekerjakan anda setelah resign, persiapkanlah diri anda sebelum resign, karena kadang ketika kita sudah tidak cocok dengan kerjaan kita kadang kita memang memilih resign sebagai alternatif yang tak bisa dihindari, sehingga sebelum resign jangan melakukannya secara mendadak, tetaplah profesional pada kerjaan anda, lakukan yang terbaik buat kantor anda, sampai akhirnya anda benar2 siap untuk resign, ingat kesalah terbesar sebagian orang adalah resign tanpa persiapan, sehingga setelah resign mereka akan merasakan galau berkepanjangan karena nganggur dan sulit dapat kerjaan baru. Mencari kerjaan baru sebelum resign jauh lebih mudah dan lebih tenang ketimbang mencari pekerjaan setelah resign.
Diantara semua hal yang sedikit menakutkan diatas, mari kita liat kemungkinan kesuksesan kita ,,, kita yang sudah merasakan dunia kerja akan jauh lebih kuat mental ketimbang yang masih kuliah, jaringan kita di luar sana akan semakin nyata, kesempatan kita untuk menjadi boss terbuka lebar, intinya memilih bekerja akan membuat kita jauh lebih mandiri dan tau cara menghasikan uang bukan menghabiskan uang saja. Nanti deh kita bahas lagi....
2.       Memilih untuk kuliah

Di point ini saya hanya ingin memberikan sedikit pendapat bahwa memilih kuliah merupakan suatu keputusan yang tidak salah, yang salah ketika anda tidak di antara keduanya, itsss apayah???? Langsung saja ya gays, jika anda memilih kuliah maka lakukanlah tips pertama, focus dan lupakanlah pilihan anda untuk memilih bekerja, tetaplah pada pilihan anda untuk kuliah apapun nantinya yang akan anda alami, yang menjadi target anda sekarang adalah Meraih gelar Sarjana, ingin coba bagaimana rasanya kuliah sambil kerja??? Tenang kawan, nanti akan di bahas secara spesifik di postingan lain yaaa,,,,!!!

No comments:

Post a Comment