SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Wednesday 3 December 2014

MATERI TENTANG NAMA NAMA AGAMA ARDI


 Nama-nama Agama Ardi
1.      Agama Mesir Kuno
Mesir Kuno adalah suatu peradaban kuno di bagian timur laut Afrika. Peradaban ini terpusat di sepanjang hilir sungai Nil. Peradaban ini dimulai dengan unifikasi Mesir Hulu dan Hilir sekitar 3150 SM,
·         Agama-Agama Yang Muncul Pada Mesir Kuno. Yaitu
-          Mitos(Animisme,Dinamisme,Politeisme)
-          Kosmos(factor ke anehan)
-          Theos(Ada 2 hal yaitu 1.logika 2.wahyu)
Kepercayaan Yang Dianut Agama Mesir Kuno Yaitu Antara Lain :
-          Anisme(Kepercayaan Terhadap Roh Nenek Moyang)
-          Dinamisme(Kepercayaan Terhadap Benda-Benda Tertentu Yang Dianggap Mempuyai Kekuatan Seperti Kayu,Batu Dll)
-          Polietiesme(Politeisme adalah bentuk peyembahan terhadap makhluk-makhluk gaib yang punya nama dan bertugas mengatur jalannya alam ini, yaitu para dewa.)
Nama-Nama Dewa Yang Disembah : Ra, Osiris, Amon,Isis,Hathor, Horus,Maat, Nephthys, Anubis, Sobek, Thoth, Sekhmet, Khnum.
2.      Agama Zoroaster
Zoroaster Adalah Nama Agama Yang Didirikan Zoroaster Atau Zarathustra(Zaradust) Pada Sekitar 628-551 S.M. Dia Mengaku Seorang  Nabi Yang Pernah Di ajak Bicara Secara Langsung Oleh Tuhan.Zoroaster  Dilahirkan di Chrosmania(Khwarzim) di belah laut iran.
Kitab suci Dari Agama Zorosaster Adalah Avestaan Atau Zend Avesta Yang berisika Hymne atau kidung dan uraian-uraian yang kesemuanya terdiri dari yasna,suatu kumpulan liturgis diri dari oleh Zoroaster.Vishpared berisi Doa’doa yang di gunakan  dalam perayaan-perayaan Agama,Yashus brisikan bermacam-macam kidung dewa dan vendidad yang berisi ketentuan-ketntuan upacara pensucian dan lain-lain
3.      Agama Kung Fu Tse (Kungfucianisme)
Agama Konghucu dikenal pula sebagai Ji Kauw (dialek Hokian) atau Ru Jiao (Hua Yu), yang berarti agama yang mengajarkan kelembutan (Focus pada akhlak) atau agama bagi kaum terpelajar. Agama ini sudah dikenal sejak 5.000 tahun lalu, lebih awal 2.500 tahun dibanding usia Kongzi sendiri.
Kongzi (Hua Yu) atau Khongcu (dialek Hokian) atau Confucius (Latin) adalah nama nabi terakhir dalam agama Konghucu.  Ia lahir tanggal 27, bulan 8, tahun 0001 Imlek atau 551 sM.  Kongzi adalah nabi terbesar dalam agama Konghucu dan oleh sebab itu banyak orang yang kemudian menamai Ru Jiao sebagai Confucianism, yang kemudian di Indonesia dikenal sebagai Agama Konghucu.
4.      Agama Tao
Pembawa ajaran tao adalah Lao tse,agama ini lahir 604 SM. Nama asli dari Lao tse adalah libyang(ahli piker). Sejak itu Agama TAO selalu mengajarkan umatnya untuk memupuk dan mempunyai sifat-sifat yang Jujur. Agama TAO terutama mengajarkan sifat Qing Jing Wu Wei, suatu sifat dimana orang dianjurkan untuk selalu berusaha berbuat sesuatu demi kepentingan bersama, namun tetap menjaga sikap mental yang tulus tanpa pamrih!,.
5.      Agama Majusi, yaitu agama yang berasal dari Persia. Penganutnya menyembah api dan mempercayai adanya dewa kebaikan dan kejahatan.
6.      Kepercayaan terhadap waktu, yang disebut Ad-Dahr, yaitu golongan yang mempercayai bahwa segala sesuatu itu terjadi karena kehendak waktu.
7.      Kepercayaan terhadap hewan, antara lain disebut Al-Bahirah, As-Saibah, Al-Washilah dan Al-Hamiah.
8.      Alluk Todolo
9.      Baha'i
10.  Buddha
11.  Druze
12.  Hindu
13.  Jainisme
14.  Kaharingan
15.  Kejawen
16.  Marapu
17.  Mormonisme
18.  Paganisme
19.  Parmalim
20.  Raelianisme
21.  Saintologi
22.  Shinto
23.  Sikh
24.  Tollotang



No comments:

Post a Comment