SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Wednesday 3 December 2014

CONTOH RPP KELAS 9 SMP TAHUN 2015

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah                   : SMP Negeri 7 Bulukumba
Mata Pelajaran                 : Bahasa Inggris
Kelas / Semeste               r              : IX (Sembilan) / I (satu)
Standar Kompetensi   : 2. Memahami makna dalam teks lisan fungsional dan menolog pendek sederhana yang berbentuk procedure dan report untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari hari.
Kompetensi Dasar      : 2.2. Merespon makna yang terdapat dalam menolog pendek sederhana secara aqurat, lancar, dan berterimah untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari- hari dalam teks yang berbentuk procedure dan report.
Jenis Teks                            : Menolog ( Procedure/ Report )
Tema                                     : daily life
Aspek/ skill                         : Listening and Speaking
Alokasi Waktu                   : 4 x 40 (2 x pertemuan)
1.       Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.       Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks monolog berbentuk procedure and Report.
b.      Mengetahui  struktur procedure and report text
c.       Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks menolog berbentuk procedure dan report.
d.      Mampu membuat procedure and report text
e.      Meningkatkan kosakata melalui teks bacaan / dialog.

v  Karakter siswa yang diharapakan : thrustworthines, resfect, diligence, responsibility, courage.
2.       Materi Pembelajaran
a.       Procedure Text
The tell us how something is done through steps or actions.
-          What the purpose/ goals
-          Materials
-          Step / what to do.
b.      Report text
A text which present information about something, as it is. Information provided is general and factual.
c.       Contoh procedure text tentang How To Make Chocolate Ball
d.      Contoh report text tentang Elephant.
e.      Tata bahasa dan kosa kata terkait theme.
3.       Metode Pembelajaran : Brainstorming
4.       Langkah – langkah kegiatan
a.       Kegiatan pendahuluan
Apersepsi
·         Salam, absensi siswa, menanyakan kabar siswa.
·         Memberikan penjelasan tentang definisi dan struktur procedur and report.
·         Tanya jawab tentang kosa kata yang terdapat dalam teks monolog/ dialog
Motivasi            : Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelajari berikut kompotensi yang harus dikuasai siswa.
b.      Kegiatan Inti
Eksplorasi :
·         Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam terkambang jadi guru belajar dari aneka sumber.
·         Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·         Memberikan kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
·         Menfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antarpeserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainya.
·         Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
·         Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

Elaborasi :
·         Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna secara tekun.
·         Menfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas , diskusi, dan lain-lain. Untuk memunculkan gagasan baru baik lisan maupun tulisan.
·         Menfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
·         Menfasilitasi peserta didik berkompetensi secara sehat  untuk meningkatkan prestasi belajar.
·         Menfasilitasi, peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tulisan secara individu maupun kolompok.
·         Menfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kolompok.
Konfirmasi :
·         Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat terhadap keberhasilan peserta didik.
·         Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
·         Menfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
·         Menfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.
o   Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
o   Membantu menyelesaikan masalah
o   Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil explorasi.
o   Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
o   Memberi motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c.       Kegitan Penutup
·         Bersama-sama dengan peserta didik membuat simpulan.
·         Melakukan penilaian
·         Memberikan umpan balik terhadap proses pembellajaran
·         Memberikan kegiatan lanjutan (remedi dan lainya )
5.       Sumber Belajar
Materi yang relevan dari internet
Buku – buku yang relevan
6.       Penilaian
Indikator pencapaian
Kompetensi
Tekhnik
penilaian
Bentuk
Instrumen
Instrument soal
1.       Mengidentifikasi  berbagai informasi dalam teks.
2.       Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks
3.       Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks
Tes tulis












Tes lisan 
Membuat contoh teks


Membuat kalimat simple present







Tanya jawab tentang 10 kosa kata tersulit lengkap dengan artinya.Yang diperoleh dalam teks
Write one example of procedure and report


Write one sentence used timeless simple present (usually,always, often)






Mention 5 vocabulary you get in the text in front of the class or your friends.

Bulukumba,


Guru Mapel Bahasa Inggris,




( .............................................. )
NIP /NIK :  ..............................
       





                                

No comments:

Post a Comment