SHARING SUKA SUKA

Gudang Ilmu dan Media Sharing

Total Pageviews

Monday 29 February 2016

Tips Agar Gagal Skripsi Bukan Akhir dari Segalanya

Gagal Skripsi Bukan Akhir dari Segalanya
Skripsi adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh mahasiswa tingkat akhir. Ibarat kata skripsi adalah Ujian Nasional seperti di bangku sekolah. Penentu lulus tidaknya seorang mahasiswa. kuliah selama 4 tahun mengambil beberapa mata kuliah dan beberapa sks itu tidak ada gunanya sama sekali kalau skripsi kita gagal. Meskipun nilai atau IPK kita tinggi kalau skripsi kita gagal, maka semua itu akan sia sia. Jadi tak heran kalau skripsi ini menjadi boomerang bagi sebagian mahasiswa yang gagal menysunya ditingkat akhir. Bagaimana tidak perjalanan kita ke semester akhir bukanlah hal yang muda, berbagai macam rintangan yang kita lalau, seperti kekampus sepagi mungkin, menerobos hujan, begadang demi tugas, dan masih banyak lagi. Kok bisa hanya sebuah skripsi kita gagal memakai toga. Padahal ibarat kata skripsi hanya membuang waktu, tenaga, dan pikiran saja. Jika ditinjau dari segi manfaatnya itu sangat tidak sesuai dengan usaha kita dalam menyusunya. Bagaimana tidak kita repot repot menyusun skripsi setebal dan sesempurna mungkin, namun setelah itu hanya disimpan sebagai khiasan saja.
Mengapa Gagal Skripsi,,, ?
1.       Malas
Gagal skripsi karna malas  itu bukan suatu perkara yang harus membuat kita menyesalinya.  Memang setiap mahasiswa memliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Intinya kuliah itu bukan tinggi-tinggian IPK, atau balapan lulus, namun jalanilah sesuai kemampuan dan kapasitas kita. Gagal skripsi karna malas adalah sebuah awal yang baik untuk menyelesaikan skripsi kita. artinya kita memiliki lebih banyak waktu untuk menyelesaikanya di semester berikut. Ingat lulus tepat waktu tidak ada jaminan kita akan lebih sukses daripada kita yang lulus belakangan, tapi bisa saja yang lulus belakangan akan lebih sukses daripada lulus tepat waktu. Gagal skripsi membuat wawasan kita lebih terbuka, lebih banyak ruang untuk merencanakan kesuksesan ketika kita lulus nanti, tidak salah kalau kita mengatakan gagal adalah awal dari sebuah kesuksesan. Asal usahanya tidak putus. Dengan gagalnya kita disesi ini bisa membuat kita lebih bergairah atau bersemangat untuk mengejar ketertingalan, dan memperbaiki kesalahan2, sehingga tujuan kita bisa lebih tertata dengan baik.
2.       Organisasi
Berorganisasi bagi sebagian mahasiswa adalah hal yang sepeleh, tidak berguna bahkan sesuatu yang konyol. Nah itu pendapat mahasiswa yang tidak cinta terhadap organisasi. Namun beberapa diantaranya kita temui mahasiswa yang menjadikan organisasi sebagai bagian dari dirinya. Sebagian dari urat nadinya. Kecintaanya terhadap organisasi membuatnya focus dan kegiatan akademisinya jadi terbengkalai. Namun jangan khawatir sob. Karena sesuatu yang kita cintai yang bersifat positif itu tidak akan mungkin membuat kita terbelakang. Gagal skripsi bukan akhir dari segalanya. Skripsi hanyalah 1 dari ribuan hal yang lebih penting dalam hidup kita. ibarat kata andaikan skripsi bukan syarat mutlak untuk lulus kuliah. Maka saya pastikan 1 diantara ribuan mahasiswa yang mau mengerjakanya. Jadi gagal skripsi karna organisasi itu adalah hal yang wajar bahkan menjadi pilihan tepat, ditengah-tengah lulusan yang terombang ambing mencari kerjaan namun tak kunjung datang karena hanya mengandalkan ijazah dan ilmu dari kampus saja. Kasian juga kan mereka, tanpa kalian mereka sudah keolahan mencari kerja ditengah persaingan yang begitu ketat. Bagaiman kalau andapun ada diposisi mereka, malah akan menambah persaingan saja.
3.       Kerjaan
Point ke tiga ini adalah pilihan yang sangat tepat buat anda yang gagal skripsi karena kerjaan. Ingat pendidikan memang segalanya. Namun tujuan utama kita adalah bekerja. Untuk apa buru-buru selesai kalau saat ini saja kita sudah berada di Zona Aman dengan memiliki pekerjaan. Meskipun penghasilan tak seberapa, paling tidak bisa memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Lulus kuliah pun ujung-ujung kita butuh kerjaan kan??? Lulus bukan semua jaminan kita akan mendapatkan kerjaan yang lebih layak.


Apapun alasan kalian gagal skripsi, semua itu pasti ada nilai, seni, dan hikmah tersendiri. Gagal skripsi bukan berarti kita gagal untuk sukses. Tapi saya yakin gagal skripsi adalah salah satu daribeberapa pencapaian yang tidak kalian sadari. Walau bagaimana pun skripsi itu wajib untuk menyandang gelar sarjana, jadi tunggu apalagi kerjakan dan selesaikan skripsimu sekarang juga. karna mengalami kegagalan yang berulang dalam hal atau konsep yang sama itu sama saja kalian adalah termasuk orang- orang yang merugi. Jadi apakah kalian mau jadi orang2 yang merugi??? Tentunya tidak sobat. Gagal pertama, bukan berarti keduakalinya kita juga akan gagal. Karna gagal yang sesungguhnya ketika kita berhenti berusaha. Namun ketika kita selalu berusaha meskipun dalam keadaan sulit. Maka itu bukan gagal dalam artian yang sesungguhnya, namun suatu pencapaian yang baik.

No comments:

Post a Comment